27 C
Makassar
Selasa, April 20, 2021

Di Hadapan Kades se-Pangkep, MYL: Perhatikan Program Jamban, ODF jadi Prioritas

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau menghadiri rapat koordinasi antar kepala desa se-kabupaten Pangkep di Kantor Daerah. Di hadapan seluruh kepala desa, MYL, sapaannya menekankan agar perangkat desa membantunya menyukseskan program kerjanya guna menciptakan Pangkep Hebat.

Salah satu penekanan yang dipaparkannya adalah penyusunan anggaran desa yang harus tepat sasaran bagi masyarakat. Di recofushing anggaran saat ini, dia berharap kepala desa bisa membuat program yang memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat.

MYL pun meminta agar kepala desa di tahun ini terus melanjutkan kegiatan bantuan atau pembangunan jamban di setiap rumah. Dia tak ingin lagi masyarakat Pangkep membuang air besar (BAB) di sembarang tempat.

“Kita harus terapkan ODF (Open Defecation Free). Peran pemerintah desa sangat dibutuhkan agar program Pangkep Sehat bisa dilaksanakan. Jadi saya pesan agar kepala desa tetap anggarkan untuk pendirian jamban setiap rumah,” ujarnya.

Bupati menyampaikan agar bantuan keuangan desa dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Ia juga menyampaikan kepada aparat desa agar mengajak masyarakat untuk pola hidup bersih.

“Biasakan hidup bersih, Pemerintah desa bantu masyarakat hidup bersih,” katanya.

Olehnya itu, guna mendukung program hidup sehat dan bersih. Akan dihadirkan angkutan sampah setiap desa.

Kepala DPMPD Pangkep Abd Haris Has menyampaikan, rakor ini membahas penganggaran dan refocusing.

“Serta penyelarasan visi misi Bupati wakil Bupati Pangkep priode 2021-2026,” katanya.

Kepala Bidang Pemerintah Desa, Dzulfadli mengungkapkan bahwa, rakor tersebut digelar tak hanya untuk membahas satu program saja. Melainkan membahas seluruh program-program yang akan dicanangkan desa setahun kedepan, utamanya program-program bantuan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kehadiran bupati di rakor tersebut guna menguatkan program-program yang telah disusun perangkat desa. Ternyata ada beberapa masukan dari pak bupati terkait APBDES, utamanya kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Pak bupati juga menekankan agar pemerintah desa bisa menyiapkan tambahan insentif bagi imam masjid di desa guna menunjang keagamaan di desa,” ujarnya. (SF)

spot_img