27 C
Makassar
Selasa, April 20, 2021

Bersama Warga, PT Semen Tonasa Gelar Bersih-bersih Kampung

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Meminimalisir luapan arus ke hulu sungai, PT Semen Tonasa kembali mengadakan kegiatan bersih-bersih kampung di desa Biring Ere dan Tekolabbua Pangkep.

Kegiatan Bersih-Bersih Kampung bersama Semen Tonasa ini merupakan program Tonasa Social Partner yang dilakukan oleh Korporasi sebagai upaya untuk memelihara lingkungan serta mengantisipasi adanya banjir karena meluapnya air sungai akibat sampah yang menghambat aliran sungai.

Kegiatan Tonasa Social Parnert yang digelar pada hari Rabu 10 Maret 2021 melibatkan unsur TNI-Polri karyawan serta aparat desa dan masyarakat sekitar, dengan menyusuri sungai Biring Ere dan sungai Tekolabbua. Ini dimaksudkan guna mewujudkan lingkungan desa yang bersih, seperti sungai yang bebas dari sampah.

Kegiatan Bersih-bersih kampung dan aliran sungai ini dimulai pada pukul 08.00 pagi dengan membagi dua tim yaitu Tim Biring Ere dan tim Tekolabbua. Rombongan mulai terjun ke lokasi untuk membersihkan sampah-sampah yang berada di sungai dan pinggir sungai, utamanya sampah plastik.

Pembersihan tidak hanya dilakukan di sungai akan tetapi pinggiran sungai turut dibersihkan sehingga tidak menambah jumlah sampah yang masuk kedalam sungai ketika turun hujan, apalagi dalam kodisi saat ini curah hujan cukup tinggi, seperti yang disampaikan oleh Dirut PT Semen Tonasa, Mufti Arimurti.

“Tumpukan sampah dari sungai dan pinggiran sungai selanjutnya diangkut oleh mobil sampah ke lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) agar lingkungan sekitar tetap bersih dan sehat,” ujar Ari.

Ari menghimbau, agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, sungai desa kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan lingkungan yang sehat dan sungai yang bersih, kesehatan kita juga terjaga dan jauh dari penyakit serta bebas dari banjir.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada unsur TNI-Polri, Aparat dan warga desa setempat serta karyawan yang telah turun langsung dalam aksi bersih-bersih kampung dan aliran sungai pada hari ini,” ujarnya.

“Semoga dengan sinergitas yang terbangun dan terjalin selama ini, bersama-sama kita memelihara dan mewujudkan desa yang asri dan sehat untuk masa depan anak cucu kita,” pungkasnya. (RLS)

spot_img