26 C
Makassar
Sabtu, Februari 27, 2021

Taman AKHLAK Jadi Implementasi Core Values AKHLAK Semen Tonasa

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Semangat ber-inovasi tidak serta merta sebagai tuntutan korporasi dalam melakukan transformasi akan tetapi tingkat kesadaran dan kreatifitas SDM yang dimiliki hingga tercipta sinergitas dalam membangun suatu perubahan yang lebih baik, mempersembahkan karya-karya terbaik untuk pengembangan perusahaan, serta mendukung peningkatkan daya saing secara global secara berkesinambungan.

PT Semen Tonasa terlibat langsung dalam proses pembangunan nasional dengan tetap memperhatikan dampak kegiatan operasi terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Kinerja ekonomi ditingkatkan melalui diversifikasi produk, pemasaran, dan melakukan transformasi pada beberapa sektor.

Hal ini tentunya tumbuh dari SDM korporasi yang bertalenta hingga terbangun sendi-sendi sebagai pondasi nilai luhur core value AKHLAK yang menjadi pedoman seluruh karyawan PT Semen Tonasa.

Salah satu strategi transformasi Human Capital Kementerian BUMN menetapkan core value AKHLAK sebagai budaya seluruh perusahaan BUMN di Indonesia guna meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global, serta menjadikan BUMN sebagai pabrik talenta yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Sebagai bagian dari perusahaan BUMN, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Holding dari PT Semen Tonasa, mewajibkan seluruh karyawan dilingkungan SIG Group menerapkan core values AKHLAK kedalam perilaku kerja sehari-hari dimulai sejak 31 Juli 2020 lalu.

PT Semen Tonasa me-launching core values AKHLAK tanggal 02 November 2020 pada perayaan HUT PT Semen Tonasa ke 52 tahun. Hal ini disambut baik oleh seluruh karyawan dan menjadi semangat korporasi meningkatan nilai-nilai budaya perusahaan.

Wujud dari semangat karyawan dalam membangun nilai-nilai AKHLAK tercemin dengan kreatifitas dan karya dari seluruh unit dalam perusahaan, contohnya membuat Taman AKHLAK. Pembuatan taman-taman AKHLAK di area pabrik semen tonasa mulai digalakkan sejak launching core values AKHLAK pada November tahun lalu. Hal inipun membangkitkan semangat karyawan mengasah kreatifitas dan budaya kerja.

Mufti Arimurti, Direktur Utama PT Semen Tonasa manyampaikan bahwa dalam rangka pencapaian strategi perusahaan dibutuhkan nilai-nilai budaya kerja sebagai identitas perekat dan keseragaman dalam membangun sinergi yang kuat untuk mendorong peningkatan kinerja secara berkelanjutan, baik bagi perusahaan maupun lingkungan sekitar.

“Kami tidak hanya menjalankan operasional pabrik untuk memenuhi permintaan konsumen atau stakeholder terhadap produk, akan tetapi kepedulian terhadap pelestarian alam dan lingkungan sekitar merupakan tanggungjawab dan komitmen seluruh unsur korporasi sebagai “Green Industry Company,” ungkapnya.

Gagasan dan kreatifitas membuat Taman AKHLAK tentunya didukung penuh oleh Managemen PT Semen Tonasa. Kreatifitas karyawan membuat Taman AKHLAK adalah salah satu perwujudan semangat karyawan dalam implementasi core values AKHLAK.

“Penerapan core values AKHLAK kedalam perilaku kerja sehari-hari merupakan bentuk semangat kami memberikan layanan terbaik bagi konsumen, produk yang berkualitas dan ramah lingkungan. Penghijauan secara terus menerus digalakkan, pembuatan taman-taman AKHLAK di area pabrik adalah salah satu contoh dari komitmen kami terhadap lingkungan yang asri dan hijau,” ujarnya.

“Kreatifitas rekan-rekan dilingkungan perusahaan dalam menghasilkan karya-karya terbaik merupakan bentuk inovasi dengan menggunakan barang bekas pabrik dan merubah mindset bahwa pabrik hanya terdiri dari peralatan dan mesin-mesin berkapasitas besar dalam menunjang operasional produksi akan tetapi dengan berdirinya taman-taman AKHLAK diarea pabrik menghadirkan suasana baru yaitu “Wisata Taman AKHLAK,” pungkasnya. (RLS)