25 C
Makassar
Senin, November 30, 2020

Yusran dan Kata “TABE”

TAJUK.CO.ID, MAKASSAR — Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS) menunjukkan karakter orang Pangkep-nya. Dua putra daerah tersebut menjunjung politik santun saat debat kedua yang berlangsung di Hotel Claro Makassar, Minggu, 15 November 2020.

Terbukti, MYL yang merupakan calon termuda, tetap menyapa dengan sopan pada calon lain yang lebih tua darinya. Begitu pun saat bercakap-cakap dengan wakilnya, Syahban.

Karakter sopan itu terlihat setiap kali MYL hendak bertanya atau menjawab pertanyaan dari masing-masing calon. Kata “TABE” menjadi pembuka kalimatnya.

“Tabe, bagaimana tanggapanta mengatasi persoalan pendidikan, kesehatan Sedangkan calon-calon lain, yah kita sudah lihat sendiri. sosial di Pangkep,” tanya dia ke salah satu calon.

Sikap santun yang ditunjukkan MYL ini pun sejartinya telah ditunjukkan jauh sebelum debat berlangsung.

Saat menjabat sebagai anggota DPRD pada 2014 lalu, MYL selalu menjunjung tinggi rasa hormatnya saat bertutur kata kepada masyarakat.

Begitupun saat menjadi ketua DPRD pada 2019. Dia sering menyapa masyarakat dengan taka Iye dan Tabe. Kini di debat tersebut, dia pun menunjukkan jati dirinya yang santun.

Syahban Sammana pun mengaku dirinya sangat salut kepada anak muda tersebut. Meski telah memiliki karier politik yang moncer, sifat santunnya tak pernah pupus saat berbicara.

MYL-SS pun mengajak masyarakat baik pendukungnya maupun lawannya untuk menjaga tensi pilkada jadi lebih kondusif. Itu pun dimulai dengan kata TABE. (*)