24 C
Makassar
Selasa, Desember 1, 2020

Apresiasi Untuk Karyawan, Semen Tonasa Gelar TPM Award Q3 Tahun 2020

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — PT Semen Tonasa menggelar acara “Total Productive Maintenance Award Quartal III 2020” yang ditujukan untuk seluruh personil Direktorat Operasi. Kegiatan dipusatkan di Lantai II Kantor Staf Pabrik dan diikuti lebih luas secara online oleh karyawan Semen Tonasa.

Dalam kegiatan TPM Award ini, perusahaan memebrikan apresiasi kepada personil dan kelompok kerja/Small Group Activity dalam 4 kategori yakni Leader Small Group Activity Terbaik, Small Group Activity Terbaik, Personil terbaik, Outsourcing terbaik.

Kepala Departemen Pemeliharaan Semen Tonasa, M. Amiruddin H. Assegaf, ST mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Manajemen kepada personil di Direktorat Operasi atas kegiatan TPM yang dilaksanakan secara rutin.

“Berkat dukungan manajemen serta partisipasi seluruh karyawan Direktorat Operasi Semen Tonasa, target score TPM di Quartal III tahun 2020 yang ditetapkan oleh Semen Indonesia Group bisa tercapai 100 persen,” kata M Amiruddin, akhir pekan kemarin.

Dia melanjutkan, Semen Tonasa mengimplementasikan program TPM untuk meminimalisasi gangguan operasi sejak dini. “Meningkatkan efisiensi biaya pemeliharaan dan peningkatan utilisasi peralatan dengan mengoptimalkan kegiatan 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin), autonomous maintenance, planned maintenance, dan focus improvement dengan melibatkan seluruh karyawan di jajaran Direktorat Operasi,” urainya.

Amiruddin menambahkan, di tengah-tengah persaingan industri semen yang semakin ketat terlebih dengan adanya kondisi over supply, maka program TPM sangat penting bagi Semen Tonasa. Sebab dengan mengimplementasikan TPM secara berkelanjutan maka diharapkan utilitas peralatan produksi dan pendukungnya dapat meningkat. “Sehingga mendukung pencapaian target produksi serta efisiensi biaya pemeliharaan dan operasional,” ujarnya.

Menurut Koordinator TPM Semen Tonasa, Deddy Edriansah, ST, kegiatan TPM ini diimplementasikan oleh seluruh personil atau karyawan di semua level bahkan hingga tenaga outsourcing dalam lingkup Direktorat Operasi. Semuanya terlibat dan berperan aktif untuk meningkatkan performa di areanya masing-masing melalui pembentukan Small Group Activity, Gugus TPM dan Fasilitator TPM.

“Dengan adanya TPM ini kegiatan dilaksanakan lintas fungsi dan lintas sektoral, melibatkan personil operasi, pemeliharaan dan supporting/utility sehingga mendorong efektivitas dari kegiatan operasional yang dilakukan,” tambahnya.

Senada dengan itu, Kepala Biro Humas AM Said Chalik mengatakan bahwa Semen Tonasa sebagai bagian dari Semen Indonesia Group (SIG), telah menerapkan TPM sebagai salah satu metode untuk pencapaian target yang unggul dalam pengendalian operasional pabrik. “Sebagai salah satu unit bisnis persemenan dalam lingkup SIG, tentunya PT. Semen Tonasa memiliki komitmen yang tinggi untuk mengimplementasikan TPM,” ucapnya.

Sementara Direktur Produksi PT Semen Tonasa Ir. Bambang Haryanto mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada para karyawan atas apa yang telah dilaksanakan pada kegiatan TPM ini.

“Perusahaan kita, beroperasi dengan sangat efisien dan tentu diharapkan jangan lupa namanya safety first utamakan keselamatan dan menjadi salah satu pilar dari TPM yang pada pagi hari ini akan kita laksanakan,” ucapnya.

TPM ini adalah pekerjaan berjamaah pekerjaan yang saling menyemangati satu dengan yang lain. “Dengan menerapkan TPM, maka utilitas peralatan meningkat dan biaya pemeliharaan menjadi lebih efisien sehingga mendorong efektifitas proses produksi di Semen Tonasa,” tambahnya. (Rls)