25 C
Makassar
Kamis, Januari 28, 2021

Calon Dokter Nilai Program Pangkep Sehat MYL-SS Sangat Masuk Akal

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Program Pangkep Sehat yang digagas pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana dinilai paling masuk akal dibanding calon lainnya oleh sejumlah kalangan. Sebab, sistem pelayanan gratis dengan jemput bola akan sangat efektif dan membantu masyarakat.

Salah satu calon dokter muda, Muhammad Gifary Adnan, Merasa program MYL-SS adalah program yang paling masuk akal dan sangat realistis untuk diterapkan di sistem pemerintahan di Pangkep.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tersebut mengaku salah satu contoh program Pangkep Sehat bisa diaplikasikan adalah program satu dokter untuk sat desa atau kelurahan.

“Ini sangat bisa diaplikasikan. Saya sebagai saah satu mahasiswa kedokteran menilai program ini sangat masuk akal. Dengan program ini masyarakat akan bisa diakomodir baik berupa, sistem jemput bola, dokter akan mendatangi pasien, pendirian apotik di tiap kecamatan,” katanya, Senin, 3 November 2020.

Dia pun menilai program pro masyarakat pulau, dari Program MYL-SS sudah sangat pas. Alasannya bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat khusus masyarakat kepulauan. “Perencanaan pembangunan gudang logistik untuk masyarakat kepulauan adalah program yang sangat briliant di kepemimpinan MYL-SS kelak” Ucap Owner Tentador Coffee ini.

Secara terpisah, MYL mengungkapkan pada program Pangkep Sehat, nanti di setiap puskesmas tenaga medis akan keliling dan terjun langsung ke masyarakat mengecek apakah ada warga yang sakit. Jadi sistemnya dalah door to door oleh petugas kesehatan ke masyarakat.

“Bukan lagi masyarakat yang datang berobat, melainkan masyarakat yang didatangi untuk mengetahui sehat apa sakit,” terang MYL yang merupakan Cabup nomor urut satu tersebut.

Pascadebat kandidat yang dilaksanakan Ahad 1 November 2020 di Hotel Gammara Makassar, MYL bertolak ke Pulau Gondong Bali, salah satu pulau yang terletak di Desa Mattrio Matae Kec. Tupabbiring.

Antusias masyarakat setempat sangat terasa sebelum sampai ke pulau yang dikelilingi terumbu karang ini. Hal ini terlihat saat masyarakat menjemput rombongan MYL di tengah laut kemudian mengantarkan ke dermaga.

Melalui program Dasa Cita Pangkep Hebat, MYL-SS menaruh perhatian yang sangat besar terhadap masyarakat kepulauan. Dengan tegas MYL menyampaikan ketidakinginannya melihat masyarakat kepulauan dikatakan masyarakat miskin hanya karena kurangnya pembangunan.

“Kami (MYL-SS) tak ingin masyarakat kepulauan dikatakan miskin hanya karena kurangnya pembangungan. Olehnya itu ketika kami memimpin Pangkep, kami akan alokasikan anggaran khusus untuk 4 kecamatan kepulauan agar percepatan pembangunan bisa terlaksana,” ungkap mantan Ketua DPRD ini. (SF)