24 C
Makassar
Rabu, November 25, 2020

Butuh Penanganan Darurat, Jembatan ke Kampung Baru Hampir Ambruk

Akses Satu-satunya Warga, Suplai Mobil Air Bersih Tertahan

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Warga Kampung Baru, Kelurahan Boriappaka, Kecamatan Bungoro terancam tak mendapat pasokan air bersih dari mobil tangki air bersih. Penyebabnya, satu-satunya jembatan menuju wilayah tersebut hampir ambruk.

Hal ini pun membuat mobil tangki serta kendaraan lainnya enggan melintasi jembatan tersebut. Warga pun mulai kekurangan pasokan air bersih.

Salah satu warga, Muhammad Syahrir mengaku bahwa jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya warga baik dalam beraktifitas maupun memenuhi kebutuhan dasar warga.

“Kami sudah melaporkan ke tingkat lurah. Semoga bisa ditindaki hingga tingkat kabupaten guna pembangunan atau pembuatan jembatan darurat untuk bisa dilalui kendaraan. Karena ancaman kekeringan warga saat ini sangat menghantui kami,” katanya, Minggu, 18 Oktober 2020.

Dia menjelaskan, bahwa kerusakan jembatan terjadi akibat usia dari jembatan tersebut telah sangat tua. Dia pun berharap pemerintah segera membantu.

“Kalau masalah ambruknya ini baru semingguan. Sekarang tidak ada lagi mobil yang melintas. Karena memang takut jembatannya ambruk. Mobil pembawa air pun tidak berani menyeberang,” ujar dia.

Secara terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Pangkep, Kallang Ambo Dalle mengungkapkan bahwa saat ini timnya belum menerima laporan insidentil akan adanya jembatan ambruk. Meski begitu, dia akan segera turun ke lokasi untuk melihat secara pasti jembatan tersebut. “Insya Allah kita akan cek langsung siang ini,” katanya.

Dia pun berharap kepada pemerintah keluarahan untuk segera membuat laporan insidentil perihal Maslah Swarga tersebut. Tujuannya, agar BPBD bisa mengucurkan dana darurat untuk membaut jembatan baru atau jembatan darurat.

“Ini merupakan akses utama warga. Jadi3 harus diprioritaskan saat ini. Kita bisa masukkan di anggaran darurat, agar bis dikerja saat ini. Kasihan warga kalau tidak diperbaiki secepatnya,” katanya dengan tegas. (SF)