24 C
Makassar
Selasa, Desember 1, 2020

Dosen Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Penyuluhan Covid-19 Via Virtual

TAJUK.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Rangkaian Dies Natalis yang ke-3. Dosen Program Studi Keperawatan dari 3 departemen yaitu Keperawatan dasar, Keperawatan medikal bedah dan Keperawatan gawat darurat pun memberikan edukasi kepada masyarakat awam tentang hidup sehat di masa Pandemi.

Sisilisasi ini digelar secara virtua melalui zoom pada Sabtu, 3 Oktober 2020. Diskusi virtual ini diikuti oleh 161 orang dari berbagai tempat yang berbeda.

Adapun materi yang disampaikan terkait erat dengan bagaimana menjaga kesehatan diera pandemi covid-19, khususnya pencegahan penyakit hipertensi, Diabetes Mellitus (DM), Higienitas, Bantuan Hidup Dasar (BHD), dan Pertolongan pertama pada kecelakaan.

Pemaparan materi sesi 1 oleh Dr.Yuliana Syam,S.Kep,Ns,M.Si membahas tentang tanda dan gejala hipertensi, dan upaya pencegahannya, sedangkan Dr.Elly L. Sjattar,S.Kp,M.Kes membahas tentang diet rendah garam yang merupakan salah satu cara mengendalikan dan menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Pada edukasi ini difokuskan pada jumlah garam yang bisa dikonsumsi perhari, makanan pengganti garam berupa bumbu dan rempah yang ada disekitar kita dan bagaimana cara pengolahan makanan yang tepat.

Kemudian dilanjutkan oleh Dr.Takdir Tahir, S.Kep,Ns,M.Kes membahas terkait Diabetes Mellitus, khususnya berbagai mitos dan fakta yang sering diyakini oleh masyarakat padahal bertentangan dengan pola hidup sehat pasien.

Saldy Yusuf, S.Kep,Ns,MN, P.hD menegaskan bahwa di Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara dengan jumlah penyandang diabetes terbesar di dunia.

“Di mana salah satu komplikasi utamanya adalah luka kaki diabetes sehingga sangat penting melakukan perawatan kaki sebagai upaya pencegahan, yakni periksa kaki, cuci kaki, potong kuku, penggunaan kaos kaki dan alas kaki yang tepat,” ujarnya. (Rls)