27 C
Makassar
Senin, September 28, 2020
Beranda Headline KPU Pangkep Nilai Visi-Misi Bapaslon Tak Memenuhi Syarat

KPU Pangkep Nilai Visi-Misi Bapaslon Tak Memenuhi Syarat

  • Tak Sejalan dengan RPJPD Pangkep
  • Berikan Waktu Tiga Hari untuk Perbaikan

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Empat Bapslon Bupati dan Wakil Bupati Pangkep masih belum memenuhi syarat pencalonan di KPU Pangkep. Keempatnya pun diberikan tenggat waktu selama tiga hari untuk memperbaiki dokumen syarat.

Adapun syarat yang dianggap tak lengkap itu adalah Visi-Misi calon. Sebab, keempat paslon yakni MYL-SS, AIZ-Risma, Ramah dan Anir-Lutfi dinilai tak memiliki visi misi yang berkelanjutan utamanya sinkronisasi dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah(RPJPD) kabupaten Pangkep.

Hal ini merupakan hasil rapat pleno penyampaian hasil verifikasi dokumen syarat calon pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pangkep tahun 2020, yang digelar KPU, di kantornya, Senin, 14 September 2020.

Ketua KPU Pangkep, Burhan mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen, salah satu dokumen yang dinyatakaan belum memenuhi syarat adalah visi -misi.”Yang belum memenuhi syarat salah satunya misi-visi, kita minta dilakukan sinkronisasi kembali antara penyusunan visi-misi masing-masing bapaslon dengan RPJPD itu harus relevan,” jelasnya.

Terkait kelengkapan administrasi, lanjut Burhan, ada yang belum memenuhi syarat, dimana ada Paslon yang hanya menyetor laporan pajak 4 tahun terakhir, sementara yang diminta adalah laporan pajak lima tahun terakhir.

“Laporkan pajak lima tahun terakhir yang terlampir hanya 4 tahun terakhir, 2015 yang tidak ada, ada juga yang surat keterangan fiskal belum dilampirkan, terkait istansi di luar dari kewenangan kita, jadi kita hanya menyampaikan agar mengurus keterangan itu. Sampai tanggal 16 bulan ini, meraka harus menyediakan dan merampungkan semua,” katanya.

Lanjut Burhan, sementara untuk hasil pemeriksaan kesehatan, empat Bapaslon dinyatakan memenuhi syarat.

Komisioner Bawaslu Pangkep, Hamsinar yang hadir saat sidang pleno mengatakan, Bawaslu terus mengawal dan memastikan KPU bekerja sesuai prosedur. “Kami di Bawaslu, kami mengawal dan memastikan sesuai prosedur,”ujarnya.

- Advertisment -