27 C
Makassar
Senin, September 28, 2020
Beranda Daerah Kopkar Semen Tonasa Berikan Bantuan Dana Pendidikan ke Dekopinda Pangkep

Kopkar Semen Tonasa Berikan Bantuan Dana Pendidikan ke Dekopinda Pangkep

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — PT Semen Tonasa mewujudkan tanggung jawab sosial dan keorganisasian untuk memajukan pendidikan di Pangkep. Setiap tahunnya Koperasi Karyawan (Kopkar) Semen Tonasa memberikan bantuan dana tunai untuk pendidikan dan pembinaan koperasi dibawah binaan Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kabupaten Pangkep.

Adapun pemberian bantuan Dana Pendidikan tahun 2020 dari Kopkar Semen Tonasa kepada Dekopinda Kab Pangkep diserahkan oleh Ketua Koperasi Karyawan Semen Tonasa H. Bachtiar Saleh kepada Ir. Syamsu A. Gaffar selaku Ketua Dekopinda Kab. Pangkep sehari setelah pelaksanaan RAT Kopkar Semen Tonasa.

Kegiatan penyerahan bantuan dana pendidikan ini dilaksanakan di RM Dua Wawo Kab. Pangkep disaksikan oleh Dewan Pengawas dan Pengurus serta Anggota Koperasi Karyawan Semen Tonasa, Rabu 02 September 2020.

Ketua Kopkar Semen Tonasa Bachtiar Saleh mengungkapkan bahwa dana pendidikan yang kita serahkan ini sudah menjadi agenda rutin yang kami laksanakan setelah Menggelar RAT.

Ketua Dekopinda Kab. Pangkep Ir. Syamsu A. Gaffar mengatakan dana pendidikan yang diserahkan ini memang kewajiban dari suatu koperasi berdasarkan undang undang yang jumlahnya 25 persen dari alokasi SHU yang peruntukannya adalah untuk pengembangan SDM perkoperasian suatu wilayah, ucapnya.

“Seperti di Kabupaten Pangkep misalnya semua koperasi yang setelah melaksanakan RAT akan memberikan dana pendidikan seperti yang telah dilakukan oleh koperasi Karyawan Semen Tonasa. Dimana dana tersebut penggunaannya berdasarkan peruntukannya melaksanakan pelatihan perkoperasian yang biasa dekopinda laksanakan,” katanya.

Kita juga melakukan studi banding dan “menfasilitasi untuk melakukan kunjungan-kunjungan yang bagus pengelolaannya koperasinya disuatu wilayah seperti diluar jawa dan luar negeri. Tujuan utama dana pendidikan ini adalah untuk pengembangan SDM daripada perkoperasian”, tambahnya.

Peran kopkar Semen Tonasa untuk perkoperasian di kabupaten pangkep sangat signifikan dan koperasi semen tonasa, dimana dari sisi penghasilan atau laba bersih paling unggul dibanding koperasi lainnya, bukan hanya di Wilayah Kabupaten Pangkep tetapi juga di Sulsel.

Dekopinda Kab. Pangkep mengucapkan terima kasih kepada Kopkar Semen Tonasa yang sangat signifikan membantu perkoperasian di pangkep, diharapkan kepada kopkar semen tonasa tetap menjadi kopkar yang unggul di pangkep dan terkhusus di sulsel tetap menjadi koperasi yang bisa diandalkan,

Said Chalik selaku Karo Humas mengatakan bahwa bantuan dana Pendidikan perkoperasian ini merupakan proses pengembangan perkoperasian yang bermanfaat bagi seluruh kegiatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Pengembangan sumber daya manusia di dalam koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan ideologi koperasi serta meningkatkan kemampuan pengelolaan usaha koperasi demi kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat, tambahnya,” jelasnya. (Rls)

- Advertisment -