29 C
Makassar
Selasa, Juli 7, 2020
Beranda Headline Klan Sammana Pecah, EKA Bawa Gerbong Dukungan ke AIZ-RISMA

Klan Sammana Pecah, EKA Bawa Gerbong Dukungan ke AIZ-RISMA

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Perpecahan dua klan besar di Pangkep benar-benar terjadi. Setelah Klan Batara yang saat ini menempatkan Syamsuddin A Hamid sebagai Bupati Pangkep, kini klan Sammana ikut pecah. Klan ini merupakan jajaran pejabat aktif Pangkep dan juga mantan Bupati Pangkep, yakni Hasan Sammana.

Mantan Sekda Pangkep, Effendy Kasmin yang memiliki rumpun Sammana mengatakan dukungan ke Paslon lain di luar dari rumpun keluarga tersebut. Adalah pasangan Andi Ilham Zainuddin-Rismayani Syamsuddin (AIZ-RISMA) yang mendapat dukungan penuh dari sosok yang sering di sapa EKA tersebut.

EKA sendiri merupakan sepupu dari Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana. Diketahui, Syahban saat ini kembali bertarung di Pilkada Pangkep, menjadi wakil dari Muhammad Yusran Lalogau. Dengan beralihnya dukungan EKA ke AIZ-RISMA menandakan perpecahan klan besar tersebut di pilkada nanti.

Deklarasi dukungan EKA sendiri disampaikan Minggu, 28 Juni di rumah Syamsuddin yang berada di Kediaman Bupati Pangkep, Kampung Katojoe, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang. Sedikitnya 400 relawan dari EKA hadir dan menyatakan dukungan kepada Ipar dan Istri Bupati Pangkep tersebut.

Dukungan ini diberikan EKA juga memastikan dirinya tak maju sebagai calon bupati atau wakil bupati dalam pilkada. “Pada dasarnya saya bukan politisi, namun dengan dukungan penuh dari masyarakat dan keluarga besar, maka saya siap menangkan AIZ-Risma di pilkada mendatang,” ujarnya.

EKA mengatakan, dukungan yang diberikannya kepada AIZ-Risma ini karena pengalaman yang dimiliki AIZ selama sepuluh tahun sebagai Ketua DPRD Pangkep sangat dibutuhkan dalam membangun Pangkep. Begitu juga dengan sosok Rismayani yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Pangkep yang selama ini banyak melakukan kegiatan sosial dan dekat dengan masyarakat.

“Dia sudah berpengalaman, sepuluh tahun menjabat Ketua DPRD, dan matang di sejumlah organisasi,” lantang Effendy Kasmin yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Dengan deklarasi ini mantan Kepala dinas perhubungan kabupaten Pangkep tersebut mulai bergerak, meraih simpati masyarakat, untuk memenangkan usungan Golkar, di Pilkada Pangkep tersebut.

“Sekarang, EKA Family dan EKA Manajemen kembali fokus dan memikirkan bagaimana memenangkan pasangan Unggul dan Religius ini,” tambahnya.

Menanggapi dukungan EKA ini, bakal calon Bupati Pangkep, Andi Ilham Zainuddin (AIZ) memuji langkah yang diambil Effendy Kasmin di Pilkada, menurutnya ini adalah angin segar dalam mengarungi pesta demokrasi mendatang.

“Saya mengaku bersyukur, EKA mengalirkan dukungan kepada kami AIZ-Risma di pilkada, ini pertanda baik bagi kami, karena saya percaya sampai hari ini, pak Effendy orang baik dan banyak yang suka sama beliau,” ujar ipar Bupati Pangkep tersebut.

Dia menambahkan jika sosok Effendy sangat tepat berlabuh di AIZ-Risma, bahkan hadirnya EKA bisa mendongkrak popularitas dan elektabilitas pasangan AIZ Risma.

“Pak Effendy ini pamong senior yang membanggakan, selama saya menjabat, bersama pak bupati, saya tidak pernah mendengar ada pegawai negeri yang marah dan kecawa dengan sosok beliau ini,” tutup AIZ.

Selain mendeklarasikan diri, Effendy yang ikut didampingi keluarga besarnya, juga menyampaikan pernyataan, sebagai komitmen memenangkan AIZ Risma di Pilkada mendatang. (SF-BAN)

- Advertisment -