25 C
Makassar
Selasa, Juli 7, 2020
Beranda Daerah Diskusi Milenial, Ketua KNPI Minta Pemuda Lebih Kreatif dan Berani di ...

Diskusi Milenial, Ketua KNPI Minta Pemuda Lebih Kreatif dan Berani di Era Industri 4.0

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Era digital yang terus berkembang dan masuknya era industri 4.0 menjadi tantangan bagi kaum Milenial yang ingin membangun usaha. Butuh inovasi dan kreativitas yang tinggi agar bisa bersaing dengan usaha yang telah memiliki pondasi kokoh sejak lama.

Hal ini pun menjadi topik menarik bagi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) saat menghadiri dialog Milenial yang digelar KNPI Pangkep, Sabtu, 20 Juni 2020 di Kelurahan Jagong. Dia menjadi pembicara bersama pengusaha muda Pangkep, Adi Pahlevi dan Milenial Perempuan, Megawati Putri Rajab.

Selain itu, Presiden Batu Putih Syndicate, Syamsul Bahri Sirajuddin ikut tampil dalam kegiatan tersebut sebagai pembawa acara. Dia pun beberapa kali menanyakan kesiapan pemuda Pangkep dalam menghadapi era Milenial saat ini.

Yusran pun mengajak pemuda untuk banyak belajar agar lebih produktif. Era sekarang ini, era industri 4.0 ditengah mudahnya mengakses informasi memberikan peluang pemuda untuk semakin banyak belajar. Banyak pilihan yang disediakan internet.

Olehnya itu, ketua DPRD Pangkep itu berharap pemuda memanfaatkan keterbukaan informasi ini untuk banyak belajar, dan meningkatkan kualitas diri.

“Jaman sekarang, manfaatkan keterbukaan informasi untuk belajar untuk terus menambah ilmu. Tanpa ilmu dan keterampilan, sangat sulit mendapatkan pekerjaan,” ujarnya usai menjadi pembicara Bincang Milenial live streaming YouTube melalui chanel MYLChanel.

Lanjutnya, dengan ilmu yang diperoleh melalui internet bisa menjadi bekal untuk lebih positif dan produktif. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemuda di era industri 4.0 ini, manfaatkan internet untuk usaha, dan hal positif lainnya. Begitupun dengan peluang sukses yang terbuka lebar.

“Buang rasa malumu, kalau Anda ingin jadi orang sukses. Teruslah berkarya yang positif,” tegasnya.

KNPI sendiri katanya, telah melakukan sejumlah kegiatan untuk memberikan bekal kepada pemuda. Baik pendampingan usaha maupun bidang lainnya.

Pembicara lainnya, Megawati Putri Rajab mengakui bahwa saat ini peran perempuan masih belum signifikan di era sekarang ini. Namun telah banyak lahir putri-putri yang berani untuk menjadi entrepreneur dan mendulang sukses.

“Gender saat ini bukan penghalang untuk meraih sukses. Rema putri saat ini harusnya lebih peduli untuk memajukan usaha. Kreatifitas perempuan saat ini tak perlu diragukan. Kalau mau contoh sosok perempuan yang berhasil mengharumkan Pangkep ada almarhum Andi Zohra Baso. Beliau patut menjadi tauladan kita di era saat ini,” ujarnya. (SF)

- Advertisment -