29 C
Makassar
Selasa, Juli 7, 2020
Beranda Edukasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Gelar Halal Bi Halal Virtual

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Gelar Halal Bi Halal Virtual

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Ramadan tahun ini terasa berbeda di banding ramadan sebelum-sebelumnya. Pembatasan sosial yang diterapkan sebagai langkah pemutus rantai penyebaran Covid-19 memaksa aktifitas ibadah dan silaturahmi tak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, perkembangan teknologi memberi solusi di tengah pembatas sosial saat ini. Masyarakat bisa tetap menjaga silaturahmi melalui berbagai aplikasi baik berupa video call maupun komunikasi dua arah. Hal ini pun diterapkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, saat menggelar halal bi halal virtual bagi civitas akademika.

Rektor UIN, Prof Dr Hamdan Juhannis MA PhD mengatakan, ikatan silaturahmi fakultas dakwah ini terlihat sangat kuat dengan adanya momentum halal bihalal secara virtual dengan berbagai civitas dan alumni. “Artinya bahwa kita masih bisa melakukan interaksi di tengah pandemik.
Kita berharap bisa dengan bijak menghadapi pendemik ini apalagi kita sebagian besar adalah dosen, kita garda yg perlu menjadi role model dalam hal berpikir dan bertindak,” ujarnya, Rabu, 27 Mei 2020.

Dia menambahkan, momentum Covid-19 saat ini bukan penghalang dalam bersilaturahmi. Melalui virtual komunikasi tetap bisa dilakukan. “Selama pendemik covid-19 bukan hanya work from home, study from home tapi juga pray from home,” kata dia.

Momentum Pray from home atau ibadah dari rumah, lanjutnya, banyak mengajarkan kepada kita bahwa memang akan ada masa di mana kita perlu menyiapkan diri untuk menghadapi segala kondisi dengan bijak.

“Berkat pray from home ini, saya bisa fokus mendalami jus 30 bahkan menjadi imam tarawih dan sholat idul id. Mment yang tidak pernah terbayangkan tapi Allah menghendaki melalui pandamik ini,” jelasnya. (Rls)

- Advertisment -