30 C
Makassar
Minggu, September 27, 2020
Beranda Edukasi Jelang Semester Baru, Dosen FKIP Unismuh Gelar RPS Via Online

Jelang Semester Baru, Dosen FKIP Unismuh Gelar RPS Via Online

TAJUK.CO.ID, MAKASSAR — Pandemi COVID-19 membatasi aktifitas sosial. Proses belajar pun terganggu.

Jelang Semester baru ini, para tenaga pengajar di tingkat universitas pun dituntut memanfaatkan aplikasi daring guna menunjang pendidikan. Begitupun dengan persiapan semester baru.

Hal ini pun membuat Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Unismuh Makassar menyelenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Program Semester (RPS) Bagi Dosen via online.

Kepala Prodi Pendidikan Fisika, FKIP Unismuh, Dr Nurlina, S.Si.,M.Pd mengatakan kondisi Pandemi COVID-19 saat ini membuat proses pembelajaran di tingkat Perguruan Tinggi khususnya di Prodi Pendidikan Fisika perlu menyesuaikan diri. Sehingga rancangan pembelajaran harus diperbaharui.

“Karena itu kami menyelenggarakan workshop Penyusunan RPS bagi Dosen Prodi untuk mengakomodasi semua kebutuhan pembelajaran bagi mahasiswa fisika dimasa pandemik ini,” katanya, Jumat, 15 Mei 2020.

Menurutnya, workshop ini sangat penting dalam peningkatan kualitas SDM Prodi khususnya Pendidikan Fisika. Sebab, dampak positif akan terasa ke mahasiswa. “Ini bisa menjadi acuan kepercayaan masyarakat sehingga harapannya juga berdampak pada peningkatan minat masyarakat untuk menjadikan FKIP khususnya pendidikan fisika sebagai pilihan untuk kuliah,” ujarnya.

Dekan FKIP, Erwin Akib M.pd, P.hd menambahkan, tuntutan Kurikulum berbasis KKNI yang ditindak lanjuti dengan dilaksanakannya review kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar sejak tahun 2018, dan sebagai hasil rumusannya adalah terbentuknya beberapa mata kuliah baru yang akan menunjang kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar.

“Dengan adanya perubahan mata kuliah yang tercantum dalam Spesifikasi Program Studi Pendidikan Fisika menuntut untuk diadakannya mengembangan Rencana Program Semester untuk mata kuliah baru di semester genap tahun akademik 2019-2020,” jelasnya.

Rencana Program Semester merupakan salah satu prasyarat seorang dosen dalam melaksanakan perkuliahan. RPS berisi tentang rancangan struktur pembagian materi perkuliahan yang dibuat untuk memudahkan dosen dalam mengontrol materi perkuliahan.

“Selain itu, RPS ini juga menjadi acuan secara keseluruhan baik materi, latihan atau tugas-tugas pembelajaran, maupun evaluasi pembelajarannya. RPS yang diharapkan sekarang adalah yang berorientasi dengan pembelajaran Daring serta mengakomodasi keterampilan abad 21 tutur”
Dr Khaeruddin M.Pd pada penjelasannya. (Rls)

- Advertisment -