29 C
Makassar
Selasa, Juli 7, 2020
Beranda Edukasi Di Tengah Pandemi COVID-19, Dosen FKIP Bimbing Skripsi Mahasiswa Via Daring

Di Tengah Pandemi COVID-19, Dosen FKIP Bimbing Skripsi Mahasiswa Via Daring

TAJUK.CO.ID, MAKASSAR — Civitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tetap beraktifitas normal uatamanya dalam proses belajar mengajar di tengah pandemi virus Corona. Aktifitas yang dilakukan memang tak secara bertatap muka langsung, melainkan memanfaatkan aplikasi daring berbasis video call untuk belajar.

Salah satu contohnya yang dilakukan Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Unismuh. Guna peningkatan kualitas output lulusan, prodi tersebut menggelar Workshop Penguatan Bimbingan Skripsi Mahasiswa via online bagi dosen yang melakukan pembimbingan kepada mahasiswanya, Selasa, 12 Mei 2020.

“Walaupun masih pandemi Covid-19, kegiatan ini tetap berjalan untuk menjalankan program-program kerja Prodi Fisika yang telah disetujui yaitu workshop penguatan bimbingan skripsi mahasiswa dan akan dilanjutkan dengan kegiatan workshop yang lainnya,” tutur salah satu dosen, Dr Nurlina, S.Si.,M.Pd.

Kegiatan ini pun sangat disambut hangat seluruh civitas akademika. Kegiatan ini pun dirangkaikan pengajian oleh Drs. H. Syamsuriadi P Salenda, MA, yang juga sebagai Wakil Dekan IV FKIP Unismuh Makassar sebagai pembuka. Selanjutnya dibuka oleh Bapak Erwin Akib, M.Pd., Ph.D selaku Dekan FKIP Unismuh Makassar.

Workshop ini juga mengundang Dr. Muhammad Arsyad, MT Ketua prodi S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar sebagai pemateri workshop penguatan bimbingan skripsi. Kegiatan ini diikuti oleh 13 dosen Prodi Pendidikan Fisika yang menjadi Dosen Pembimbing Skripsi mahasiswa Pendidikan Fisika.

“Kegiatan workshop ini dilaksanakan untuk dapat meningkatkan kualitas output mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar, salah satu aspek yang perlu diperhatikan lebih jauh adalah tugas akhir mahasiswa. Skripsi atau tugas akhir mahasiswa adalah sebuah proses kegiatan akademik yang dilaksanakan di akhir masa kuliah dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dapat belajar tentang bagaimana melakukan penelitian dengan baik dan benar,” ujar Syamsuriadi.

Dekan FKIP, Erwin Akib menambahkan bahwa, kegiatan ini sejalan dengan orientasi pembelajaran yang menuntut pembelajaran Abad 21 dan orientasi pada level 6 untuk kurikulum KKNI bagi lulusan Strata Satu. “Makanya perlu dilaksanakan penguatan pembimbingan tugas akhir mahasiswa dengan harapan proses kegiatan tugas akhir mahasiswa menjadi berkualitas,” lanjutnya.

Erwin menambahkan, kegiatan ini menghasilkan poin-poin penting seperti menyiapkan strategi lain dengan memberikan alternatif jenis-jenis penelitian yang sesuai untuk kondisi sekarang ini yakni masa pandemik Covid-19, yang lebih banyak menerapkan pembelajaran berbasis online dengan menggunakan berbagai bentuk aplikasi pembelajaran seperti Zoom meeting, google meeting.

“Hal ini dilakukan agar mahasiswa tetap bisa melakukan penelitian dan bisa menyelesaikan studinya tepat waktu,” tambah salah satu dosen pembimbing, Salwa. (Rls)

- Advertisment -