27 C
Makassar
Senin, September 28, 2020
Beranda Headline Angin Monsun yang Lintasi Pangkep Sebabkan 18 Kejadian Bencana Alam

Angin Monsun yang Lintasi Pangkep Sebabkan 18 Kejadian Bencana Alam

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Pangkep selama belasan jam mulai memberikan dampak merugikan. Tercatat 18 kejadian Benca alam yang terjadi pada Minggu, 12 Januari 2020.

Pemicu fenomena ini pun disebabkan oleh angin Monsun asia yang melintasi Kabupaten Pangkep. Selain Pangkep, tercatat hampir seluruh daearah di Sulsel diguyur hujan deras.

Dalam rilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep, tercatat lima kejadian banjir serta 13 kejadian angin puting beliung yang merusak beberapa rumah serta menumbangkan pohon.

Beruntung dari kejadian tersebut, tak ada korban jiwa. Kerugian materil pun masih terus didata oleh BPBD Pangkep. Sebab hingga saat ini, BPBD masih mengumpulkan data akurat untuk segera menyalurkan bantuan.

PLT Kepala BPBD Pangkep, Kallang Ambo Dalle menjelaskan bahwa data yang ada saat ini masih bersifat insidentil. Sewaktu-waktu data bencana tersebut bisa bertambah mengingat masih ada sejumlah wilayah yang belum melaporkan situasi terkini.

“Kami masih juga membuka layanan pada masyarakat untuk melaporkan situasi terkini apabila terjadi bencana alam. Masyarkat bisa mengadukan ke posko siaga bencana yang kami siapkan serta menghubungi kontak 0853-4027-0370. Selain itu bisa juga melalui Facebook dengan nama BPBD Kab Pangkep,” katanya.

Untuk situasi terkini, dia merincikan bahwa total rumah yang rusak sebanyak lima rumah, masing-masing di Wilayah Tonasa dua sebanyak dua rumah, serta di wilayah pulau Balang Lompo sebanyak tiga rumah.

Kallang menambahkan, bahwa BMKG memprediksi hujan disertai angin kencang kembalibakan terjadi pada malam hari hingga 15 Januari mendatang. “Masyarakat harus tetap waspada,” katanya. (Sf)

- Advertisment -