26 C
Makassar
Sabtu, Februari 27, 2021

DIPA Pangkep Rp1,119 T, Pemda Fokus Percepatan PBJ

TAJUK.CO.ID, PANGKEP — Pemerintah Kabupaten Pangkep telah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk tahun 2020 mendatang. Total anggarannya sebesar Rp1 triliun 119 milyar.

Staf Ahli Bagian Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Pangkep, dr Baharuddin, mengatakan bahwa pada saat penyerahan DIPA lalu, Gubernur Sulsel menyampaikan bahwa DIPA sengaja diserahkan lebih cepat agar cepat diperoses di tingkat daerah. “Perintah Pak Gubernur itu agar anggaran ini difokuskan untuk proses percepatan pengadaan barang dan jasa (PBJ),” katanya, Rabu 19 November.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Pangkep Abd Gaffar mengatakan, dana perimbangan memiliki dua komponen. Dana transfer umum terdiri dari dana alokasi umum(DAU) dan dana bagi hasil(DBH), kemudian dana trasnder khusus diantaranya itu dana alokasi khusus.

“DAU sebesar Rp792 miliar , DBH sebesar Rp24 miliar. Sementara DAK sebesar Rp230 milyar, ditambah dana desa Rp72 miliar,” jelasnya.

Dia melanjutkan, anggaran ini tetap fokus pada peruntukan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. “Sebenarnya dana perimbangan stagnan, tapi ada beberapa tambahan beban biaya daerah seperti anggaran kelurahan dan alokasi anggaran CPNS,” tambahnya. (ZD)